MBTO Mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan
PT. Martina Berto, Tbk (MBTO) salah satu anak perusahaan Martha Tilaar
Group yang telah mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia tanggal 13
Januari 2011 mengawali kinerja tahun 2010 (audited) sesuai dengan
sasaran Perseroan.
Berdasarkan kinerja keuangan dan
fundamental bisnis yang kuat dan baik tersebut, Perseroan
menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di tanggal 31
Mei 2011.
Bertempat di di Ruang Griya
Cipta Wanita, kantor pusat MBTO, RUPST membahas beberapa agenda sebagai
berikut:
- Meminta persetujuan
RUPST untuk menyetujui laporan tahunan 2010 dan laporan keuangan audited
pada tahun buku yang berakhir 31 Desember
2010.
- Meminta persetujuan RUPST untuk menyetujui
usul Direksi MBTO membagikan deviden dari laba
.
- Meminta persetujuan RUPST untuk menyetujui usulan
Direksi MBTO dalam penunjukkan kantor akuntan publik untuk melakukan
audit laporan keuangan tahun 2011.
- Meminta
persetujuan RUPST untuk menyetujui laporan hasil penggunaan dana
penawaran umum saham perdana.
- Meminta persetujuan
RUPST untuk menyetujui usulan Direksi MBTO untuk meminta saran dewan
komisaris dalam penetapan gaji, honor, dan tunjangan
lainnya.
Rapat yang dihadiri
oleh dewan direksi dan komisaris MBTO menghasilkan keputusan sebagai
berikut:
- RUPST menyetujui laporan
tahunan 2010 dan laporan keuangan audited pada tahun buku yang berakhir
31 Desember 2010.
- RUPST menyetujui usul Direksi
MBTO membagikan deviden dari laba
- RUPST
menyetujui usulan Direksi MBTO dalam penunjukkan kantor akuntan publik
untuk melakukan audit laporan keuangan tahun
2011.
- RUPST menyetujui laporan hasil penggunaan dana
penawaran umum saham perdana.
- RUPST menyetujui
usulan Direksi MBTO untuk meminta saran dewan komisaris dalam penetapan
gaji, honor, dan tunjangan
lainnya.
Pertumbuhan Performa Bisnis MBTO Kwartal
Pertama 2011
Berdasarkan laporan keuangan inhouse-unauditted, MBTO
menunjukkan performa bisnis yang cukup menggembirakan. Performa dapat
dilihat melalui pertumbuhan yang terjadi pada kwartal pertama 2011
dibandingkan dengan kwartal pertama 2010. Pertumbuhan terjadi dalam
bidang sales, gross profit, operating profit dan net profit MBTO kwartal
pertama 2011 dibandingkan dengan kwartal pertama 2010 dengan rincian
sebagai berikut:
- Sales mengalami
pertumbuhan sebesar 12,1% (dari Rp.117 milyar menjadi Rp.131
milyar).
- Pertumbuhan gross profit sebesar 12,3%
(dari Rp.62 milyar menjadi Rp.70 milyar) dibandingkan dengan kwartal
pertama 2010.
- Pertumbuhan operating profit sebesar
31,6% (dari Rp.8 milyar menjadi Rp.10,9
milyar).
- Pertumbuhan net profit sebesar 75,4% (dari
Rp.5,7 milyar menjadi Rp.10 milyar).
- Pertumbuhan net
profit full year sebesar 31,1% (menjadi Rp.48
milyar).
MBTO menargetkan pertumbuhan di tahun 2011
ini,
sebesar:- Pertumbuhan
sales full year sebesar 15,3% (dari Rp.566 milyar menjadi Rp.653
milyar).
- Peningkatan gross profit full year sebesar
19,5% (dari Rp.301 milyar menjadi Rp.360
milyar).
- Pertumbuhan operating profit full year
sebesar 18,1% (dari Rp.51,7 milyar menjadi Rp.61
milyar).
- Pertumbuhan net profit full year sebesar
31,1% (menjadi Rp.48
milyar).
Kegiatan Bisnis Triwulan I & II
Tahun 2011
MBTO melakukan IPO (Initial Public Offering) sebesar 33,2%
dari total saham MBTO, dan 66,8% saham MBTO dimiliki oleh keluarga besar
Dr.Martha Tilaar. Seperti yang telah direncanakan, dana IPO bersih
sebesar Rp.250 milyar akan dipergunakan untuk membangun pabrik baru dan
fasilitasnya di Cikarang (sebesar 54% dari total dana IPO),modal kerja
(sebesar 24%) dan melunasi hutang bank (sebesar 22%).
Sampai dengan saat ini, dana IPO yang telah terpakai
adalah pelunasan hutang bank kepada CIMB Niaga sebesar Rp.54 milyar,
pengembangan Martha Tilaar Shop sebesar Rp.785 juta, sedangkan sisa dana
ditempatkan di dalam deposito dan penggunaan dananya akan mengikuti
rencana sesuai prospektus.
MBTO memiliki visi jangka
panjang menjadi perusahaan perawatan kecantikan & produk spa
yang terkemuka di dunia dengan produk-produk yang bernuansa ketimuran
& alami, melalui pemanfaatan teknologi modern &
menempatkan penelitian dan pengembangan sebagai sarana peningkatan nilai
tambah bagi konsumen dan pemangku kepentingan lainnya. Visi ini dibagi
ke dalam jangka menengah, yaitu menjadi pemain regional di kawasan
Asia-Pasifik, dan jangka pendek (5 tahun) menduduki ranking 3 di
industri perawatan kecantikan dan produk spa di
Indonesia.
Sebagai wujud nyata dari visi ini, pada
triwulan pertama di tahun 2011, MBTO memiliki kegiatan-kegiatan bisnis
yang semakin melebarkan sayap di dunia kosmetik dan spa
seperti:
- Pembukaan Martha Tilaar
Shop di Legian, Kuta, Bali dan Botani Square
Bogor.
- Pembukaan sales points cabang Tangerang,
Bekasi, Bengkulu dan pertumbuhan jumlah running outlet sebesar 12
%.
- Caring Colours Martha Tilaar Bandung Beauty
Brilliant yang menjaring 3.250 peserta.
- Presentasi
dan publikasi ilmiah di Paris oleh Martha Tilaar Innovation Center serta
kolaborasi riset dengan Universitas
Andalas.
- Pertemuan Tahunan Grosir di Korea Selatan
& Lokal Modern Outlet di
Bandung.
- Keikusertaan MBTO dalam Commitment Program
CEO Water Mandate sebagai bagian United Nations Global Compact
Initiative.
- Pertemuan Tahunan Antara MBTO dengan
distributor.
- Launching produk terbaru: Trend Warna
2011 Sariayu Martha Tilaar dan PAC Martha Tilaar Lipstick dengan tema
Burlesque.
Untuk triwulan kedua
di tahun 2011, MBTO memiliki rencana kegiatan bisnis
seperti:
- Peluncuran produk
baru
- Program Pembinaan Konsumen &
Trade
- Pembukaan Martha Tilaar
Shop
- Young Caring Professional Awards yang
diselenggarkan oleh Caring Colours Martha
Tilaar
- Gading Beauty Award 2011 yang menjadi ajang
kompetisi bagi make up artist junior dan
professional
- Iklan TV terbaru dari Sariayu Martha
Tilaar dan Caring Colours Martha Tilaar.
- Proses
untuk mendapatkan sertifikat halal
- Proses pembelian
mesin untuk menambah kapasitas dan modernisasi,
serta
- Memulai rencana pembangunan tahap pertama
untuk pabrik baru di Cikarang.