Cikarang, 29 Januari 2011 – PT. Martina Berto Tbk. - Martha Tilaar Group menaruh perhatian yang mendalam terhadap pelestarian lingkungan. Dengan moto “Local Wisdom Go Global”, PT. Martina Berto Tbk. bervisi menjadi perusahaan kosmetika dan spa (beauty & spa) terkemuka di dunia yang bernuansa ketimuran dan alami melalui pemanfaatan teknologi modern dan menempatkan penelitian dan pengembangan sebagai sarana peningkatan nilai tambah bagi konsumen dan pemangku kepentingan lainnya. Salah satu wujud nyata dari kepedulian ini terwujud dalam pendirian Kampoeng Djamoe Organik (KaDO) di kawasan kota Cikarang. Pendirian lahan hijau seluas 10 ha ini pun sejalan dengan salah satu dari 4 pilar Value of Martha Tilaar Group, yaitu Beauty Green. Kehadiran KaDo memiliki tujuan sebagai:
Salah satu program pelestarian kekayaan alam Indonesia, khusunya TOKA (Tanaman Obat, Kosmetika dan Aromaterapi). Indonesia memiliki 33 ribu spesies flora yang bisa diteliti untuk kepentingan kecantikan dan kesehatan. KaDO sudah memulai dengan mengkonservasi dan membudidayakan lebih dari 500 jenis TOKA.
Cikal bakal akan sebuah pabrik yang hijau dan ramah lingkungan. Saat ini, KaDO memanfaatkan windmills (kincir angin) serta solar panel (panel surya) untuk menghasilkan tenaga listrik. Sumber tenaga yang ramah lingkungan ini nantinya akan diimplementasikan pada pembuatan pabrik di Cikarang secara bertahap.
Sarana edukasi para petani untuk menanam secara organik. Lebih dari 117 ketua kelompok tani dari berbagai provinsi di Indonesia telah dilatih di KaDO sejak tahun 2000 melalui kerjasama dengan Kementrian Pertanian. Mulai dari penanaman, panen, hingga pengeringan hasil panen untuk kemudian dijadikan ekstrak.
Sarana edutainment bagi anak sekolah dan orang dewasa. KaDO secara aktif bekerjasama dengan sekolah untuk memberikan pengalaman kepada siswa agar lebih mengenal lingkungan, menanam tanaman dan mengenal ekosistem. Orang dewasa pun bisa mengenal alam lebih dekat, sekaligus sebagai sarana rekreasi sambil tur keliling kebun organik, menanam pohon, yoga, senam sehat, demo jus sehat, demo pembuatan jamu, demo membuat sumur biopori pupuk kompos, melukis untuk anak-anak, dan makan siang dengan menu organik di Kedai Sehat Alami.
Pembangunan Taman TOKA di 3 Kampus
PT. Martina Berto Tbk. - Martha Tilaar Group juga menjalin kerjasama dengan beberapa universitas terkemuka nasional, seperti pembuatan taman kampus di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 5 Juni 2010 lalu. Tim dari Kampoeng Djamoe Organik (KADO) Martha Tilaar membangun taman kampus seluas 800 meter di area Sekolah Farmasi ITB, dan ditanami beberapa jenis TOKA seperti cempaka, kenanga, kayu putih, kepel, pegagan, melati, sambiloto, daum dewa, lavender, cincau, saga manis, mangkok, dan lainnya. PT. Martina Berto Tbk. - Martha Tilaar Group juga bekerja sama dengan Universitas Indonesia dalam pembangunan Green Science Garden di Fakultas MIPA Universitas Indonesia pada 6 Agustus 2010. Di hari yang sama, Fakultas MIPA Universitas Indonesia yang telah bekerja sama dengan Martha Tilaar Group meresmikan Program Magister Herbal. Pembukaan kelas magister herbal ini sejalan dengan obsesi DR Martha Tilaar yang ingin menjadikan jamu, minuman olahan dari tanaman herbal asli Indonesia, sebagai tuan rumah di negerinya sendiri.
Penerbitan Buku Jamu
Kecintaan dan dedikasi Martha Tilaar terhadap kekayaan alam Indonesia, terutama jamu, tertuang dalam penerbitan buku bertajuk “Healthy Lifestyle with Jamu: Sehat dan Cantik Alami sesuai Siklus Kehidupan” pada 2009, disusul dengan peluncuran buku The Green Science of Jamu: Pendekatan Pragmatik untuk Kecantikan dan Kesehatan di 2010. Buku yang terakhir mengupas tuntas mengenai 59 jenis tanaman yang umum digunakan dalam kecantikan dan kesehatan.
Penerbitan Publikasi Internasional
Beberapa tahun belakangan, Martha Tilaar Group secara aktif menerbitkan publikasi akan hasil temuan penelitian di banyak Forum Internasional. Di antaranya:
The whitening property of Hibiscus rosasinensis extract; Household & Personal Care, 2009.
The use of Mangosteen pericarp for antioxidant and moisturizing agents in cosmetic; 20th International Federation of the Society of Cosmetic Chemists (IFSCC) Conference, 7th – 9th October 2009, Melbourne.
In search of botanical and marine based antiageing agents; 20th International Federation of the Society of Cosmetic Chemists (IFSCC) Conference, Melbourne - Australia, 7th – 9th October 2009.
Paten Invensi
Beberapa penemuan dari PT. Martina Berto Tbk. - Martha Tilaar Group telah dipantenkan. Diantaranya kosmetik-kosmetik pencerah dan pengencang kulit yang mengandung ekstrak Pinang (Areca catechu L.), komposisi-komposisi kosmetik sebagai pelembab yang mengandung ekstrak rumput laut (Euchema spinosum), komposisi-komposisi kosmetik tabir surya yang mengandung ekstrak rimpang temu kunci, produk dari mesoyi (Massoia aromatica B.), penggunaan dan formulasinya.
Menerima Penghargaan UN Global Compact Awards
Peran aktif DR Martha Tilaar dalam pelestarian lingkungan, keseimbangan tata sosial dan tata kelola yang baik yang tercakup dalam 10 prinsip etika Global Compact yang bersandar pada nilai hak asasi manusia, ketenagakerjaan, pelestarian lingkungan, dan anti korupsi, turut mengundang penghargaan pada perayaan ulang tahun UN Global Compact yang kesepuluh pada 24-25 Juni 2010. DR Martha Tilaar sebagai “founding member” UN Global Compact yang diprakarsai Sekjen PBB Koffie Anan pada masa itu, menerima UN Global Compact Award dalam bidang “Outsanding Contributions 2000-2010” di antara 9 penerima penghargaan lainnya.
Kerja Sama Penelitian Herbal Dengan Universitas Andalas
Untuk rencana ke depannya, Martha Tilaar Group akan menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas dalam bidang penelitian tanaman herbal. Universitas tertua di luar pulau Jawa ini terletak di wilayah perbukitan Limau Manis, Kecamatan Pauh, sekitar 15 Km dari Padang, ibukota Sumatera Barat. Penandatanganan MOU antara Martha Tilaar Group dan Universitas Andalas akan dilakukan dalam waktu dekat.
Untuk infomasi lebih lanjut, Rekan Media bisa menghubungi:
Erlisativani
Corporate Communications Manager
Martha Tilaar Group
T: (021) 460 3717
F: (021) 460 6245
esativani@martinaberto.co.id
Local Wisdom Go Global
To be one of the world’s leading companies in cosmetics and spa industry with natural nuances and eastern values through product innovation and modern technology to optimize added value to stakeholders
Short Term Objective
To be Top 3 in Indonesian cosmetics and spa industry
Medium Term Objective
To be one of Asia Pacific players in cosmetics and spa industry