Adakan Rakernas Tahun, PT Martina Berto Tbk Optimis Mencapai Target Sales 2022
Agar lebih siap menghadapi tantangan baru
di industri kosmetik pada tahun 2022, PT Martina Berto Tbk mengawali
tahun baru ini dengan mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2022
selama tiga hari (5-7/1) di Hotel Mercure, Cikini, Jakarta Pusat.
Rakernas dihadiri oleh perwakilan semua divisi di PT Martina Berto Tbk
mulai dari Marketing, Sales, Manufacturing, R&D, Supply Chain,
Finance & Accounting, Servis (HRGA, audit, dan legal), hingga tim
Operasional yang datang dari berbagai daerah di Indonesia seperti Pulau
Jawa, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, dan Denpasar.
Diungkapkan
oleh CEO Martha Tilaar Group Kilala Tilaar, setelah dua tahun tidak
saling bertemu secara langsung dengan tim dari berbagai divisi dan
cabang, rakernas menjadi sarana dan waktu yang tepat untuk
bersilaturahim dan bersinergi menyamakan visi dan strategi untuk
meningkatkan kinerja di tahun 2022. Untuk kemajuan dan mencapai tujuan
bersama, Martha Tilaar Group, dalam hal ini PT Martina Berto Tbk,
membutuhkan tim yang punya semangat tinggi, proaktif dan kreatif
terutama di dalam kondisi yang sulit ini. Dua tahun terakhir memang
terjadi penurunan, tapi kini perlahan namun pasti, grafik penjualan
mulai membaik, berbagai factor penghambat mulai teratasi. Oleh karena
itu, kita harus optimis dan bekerja keras untuk mengejar target 2022,
ujar Kilala di hari pertama rakernas.
Kilala
juga berharap di tahun 2022 seluruh tim dapat memberi kontribusi
terbaik sehingga dapat menghasilkan profitabilitas yang optimal.
Strategi yang diterapkan pun akan terfokus pada upaya mengejar
ketertinggalan, beberapa cara yang akan dilakukan adalah dengan
memusatkan perhatian pada SKU produk potensial dan melakukan rejuvenasi
kemasan produk agar tetap relevan dengan perkembangan zaman dan tren
pasar. Tidak hanya itu, akan juga dilakukan perbaikan dan pengembangan
di internal perusahaan. Antara lain PT Martina Berto Tbk juga akan tetap
meningkatkan kerjasama dengan distributor-distributor besar Indonesia
seperti PT Penta Valent, PT Tigaraksa Satria Tbk, and PT SAI Indonesia.
Kerjasama ini diharapkan mampu memeratakan produk-produk di seluruh
wilayah Indonesia dan di seluruh channel pemasaran.
Keputusan
yang diambil terkait pola multi distributor juga ditegaskan oleh Bryan
Tilaar selaku Direktur PT Martina Berto Tbk, sebagai strategi yang
berpotensi membuka banyak peluang yang pada akhirnya akan memberikan
keuntungan dalam bisnis ini. Selain itu, Bryan juga menekankan
pentingnya pemanfaatan channel digital, khususnya di era sekarang,
sebagai bagian dari upaya meningkatkan awareness masyarakat, terutama
generasi muda, akan eksistensi produk kosmetik PT Martina Berto Tbk
seperti Sariayu, Biokos, Rudy Hadisuwarno Cosmetics, Mirabella
Cosmetics, Belia, PAC, dan lainnya.
DR. (H.C)
Martha Tilaar juga menghadiri rakernas ini. Selain memberikan motivasi
untuk peserta yang hadir, beliau juga mengikuti presentasi-presentasi
yang dibawakan oleh team Marketing dan team Sales. Tahun 2022 ini, saya
berharap semua karyawan dapat lebih berinisiatif dan proaktif untuk
ikut berperan membangun perusahaan melalui tugas dan tanggungjawab
masing-masing. Apa yang Anda lihat berjalan baik di luar sana, apa yang
Anda ketahui, apa yang perlu kita kembangkan, harap bisa saling berbagi
informasi agar kita bisa terus bersinergi, berkolaborasi, bersatu untuk
dapat terus bersaing dengan baik. Selalu ingat 3C: to Connect, to
Collaborate, to Compete, ujar DR. Martha. Semangat ini tentu saja
disepakati oleh semua tim yang hadir, untuk kemajuan dan kesejahteraan
bersama.