Sepanjang tahun 2019, PT Martina Berto Tbk, terus
melakukan transformasi bisnis agar dapat lebih efektif menyiasati
perubahan besar di pasar dan pada perilaku konsumen. Dengan mendorong
inovasi, brand equities yang kuat di semua kategori, serta memperkuat
kinerja di semua unit bisnis, untuk kinerja utama di tahun 2019
Perseroan membukukan penjualan bersih sebesar Rp537.568,- miliar atau
meningkat 6,9% dari tahun 2018 dan dan perseroan berhasil menekan rugi
bersih menjadi Rp66.946,- miliar dari sebelumnya Rp114.131,- miliar
berkat dilakukannya perbaikan-perbaikan, adanya pertumbuhan net sales,
dan banyak melakukan efisiensi.
Untuk inovasi produk, tahun lalu MBTO meluncurkan 5 produk baru, yaitu Biokos Vital Nutrition, Mirabella Effortless Makeup, RHC Pomade, PAC Satin Lip Cream, dan Sariayu Color Trend 2019 Inspirasi Indonesia.
Upaya manajemen untuk meningkatkan pemasaran dan promosi dilakukan
dengan antara lain memanfaatkan media digital dan sosial media maupun
bekerja sama dengan Key Opinion Leader, Beauty Blogger dan komunitas.
Untuk meningkatkan awareness, MTBO juga aktif mengikuti berbagai
kegiatan dan event lokal maupun Internasional seperti Jakarta X
Beauty, Surabaya X Beauty, Jakarta Fashion & Food Festival, Jember
Fashion Festival, Festival Morotai, Festival Gandrung Sewu, penata rias
Pasukan Pengibar Bendera di kota-kota di Indonesia, Teater Koma,
Ilagaligo, dan Broadway Musical Hairspray.
Sementara
pada kuartal I/2020, walaupun daya beli konsumen melemah disertai
beberapa gerai retail besar tutup, prospek usaha Perseroan masih
menjanjikan di masa datang dengan optimalisasi/improvisasi saluran
distribusi dan dengan masih tumbuhnya pasar kosmetika nasional, PT
Martina Berto, Tbk (MBTO) mencatat penjualan sebesar Rp 87,06 miliar.
Meski
wabah Covid-19 diakui berdampak pada operasi rutin Perseroan, namun
MBTO telah mengambil tindakan yang perlu dan dapat dikendalikan untuk
melindungi bisnis dari dampak yang buruk dengan terus memperkuat kinerja
di PT Cedefindo (sebagai anak perusahaan MBTO) dan Martha Tilaar Shop,
serta melalui pengembangan produk yaitu dengan memproduksi hand
sanitizer, hand gel, dan hand wash. Menggunakan nama merek Quick N Fresh
yang diproduksi PT Martina Berto, Tbk dan juga Bright Clean yang
diproduksi oleh PT Cedefindo, ke depannya MBTO juga akan memproduksi
FMCG yang berfokus pada produk Pembersih Rumah Tangga dan juga minuman
kesehatan herbal, serta memperkuat kategori skin care, body care, hair
care, dan mewaspadai perilaku konsumen yang berdampak pada kategori
makeup.
Tak hanya itu saja melalui Martha Tilaar Innovation
Centre, MBTO mengolah kekayaan alam agar menghasilkan produk berkualitas
yang memiliki nilai ekonomi. Hadir dalam bentuk bahan baku alami
natural active ingredients asli Indonesia, produk tersebut diberi nama
Berto Extract. Selain memenuhi kebutuhan internal, Berto Extract juga
dipasarkan ke industri kecantikan lokal dan mancanegara. Untuk
distribusi Berto Extract ke luar negeri dilakukan oleh Clariant,
perusahaan kimia terkemuka yang telah lama menjalin kerja sama dengan
MBTO.
Di tengah kondisi pasar yang menantang dan wabah covid-19
yang belum teratasi, Perseroan berharap inovasi dan pengembangan produk
dapat membantu pertumbuhan bisnis. Untuk tahun buku 2020 Perseroan
menargetkan Penjualan bersih sebesar Rp 564.00 miliar atau meningkat
sebesar 4, 92% di atas perkiraan pertumbuhan ekonomi negara. Perseroan
melihat bahwa permintaan konsumen untuk beauty personal care memiliki
potensi yang cukup bagus di tahun 2020 ini.
http://www.marthatilaargroup.com/detail/id/555/inovasi-dan-pengembangan-produk,-kunci-mbto-bertahan-di-tengah-pandemi
Local Wisdom Go Global
To be one of the world’s leading companies in cosmetics and spa industry with natural nuances and eastern values through product innovation and modern technology to optimize added value to stakeholders
Short Term Objective
To be Top 3 in Indonesian cosmetics and spa industry
Medium Term Objective
To be one of Asia Pacific players in cosmetics and spa industry