Kamis lalu (5/03), Era Soekamto Indonesia bersama
Permata Bank Priority menggelar acara Mindful Living and Legacy di Vastu
Home, Jakarta. Dimoderatori oleh Era Soekamto sendiri, Dr. (H.C.)
Martha Tilaar dan putrinya yang juga merupakan Vice Chairwoman Martha
Tilaar Group, Wulan Tilaar, hadir sebagai narasumber untuk berbagi
inspirasi kisah perjalanan Martha Tilaar Group dalam bisnis kecantikan
Indonesia dan kontribusi perusahaan selama hampir 50 tahun dalam
pemberdayaan perempuan.
Sesuai dengan tema
acara yaitu Empowerment Women, kesamaan misi perusahaan yaitu untuk mendorong
peran perempuan Indonesia dalam melestarikan dan mengembangkan budaya serta
memberikan pengaruh positif tidak hanya bagi keluarga namun juga bagi
komunitas, serta meciptakan sebuah warusan untuk generasi selanjutnya, membuat
kolaborasi kali ini terasa lebih bermakna. “Bicara tentang pemberdayaan
perempuan, Ibu Martha adalah mentor bagi kami semua. Bahkan dari Ibu Wulan kami
mendengar bahwa pemberdayaan yang telah Ibu Martha lakukan telah melibatkan
lebih dari 6.000 perempuan untuk bisa lebih mandiri, salah satunya jamu gendong
Ibu Lastri yang hari ini juga hadir di acara. Lalu memasuki usia ke-50 tahun
Martha Tilaar Group, apa cita-cita Ibu Wulan sebagai penerus perusahaan terkait
pemberdayaan perempuan Indonesia?” tanya Era membuka acara.
Diakui oleh Wulan,
menjadi bagian dalam Martha Tilaar Group sebagai penerus perusahaan adalah
sebuah tantangan. Ia sadar, menganggap label sebagai generasi penerus sebagai
beban hanya akan memberatkan dirinya, sehingga ia lebih memilih menganggapnya
sebagai tantangan yang harus ia emban dengan rasa tanggung jawab agar bisa
membuat perbedaan. Kini, ia pun mendukung kolaborasi-kolaborasi Martha Tilaar
Group dengan berbagai pihak sebagai pilihan kebijakan yang diambil oleh perusahaan.
Salah satu
contohnya, selain telah memiliki training
center untuk spa therapist yang
bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan taraf hidup perempuan Indonesia
yang kurang mampu, sejak tahun 2019 Martha Tilaar Group juga telah berkolaborasi
dengan Asian Pulp and Paper (APP) dalam hal pemberdayaan perempuan. “Kami
melakukan sosialisasi tentang pelatihan spa
therapist dan tanaman obat, kosmetik dan aromatik (TOKA) di komunitas hutan
milik APP di beberapa daerah pelosok Indonesia seperti Jambi, Mokokerto, dan
Kalimantan. Awalnya kami skeptis, namun nyatanya kini telah ada 11 orang yang
ikut pelatihan di Martha Tilaar Training Center dan telah mendapatkan pekerjaan
di Martha Tilaar Salon Day Spa di beberapa kota di Indonesia,” ujar Wulan.
Local Wisdom Go Global
To be one of the world’s leading companies in cosmetics and spa industry with natural nuances and eastern values through product innovation and modern technology to optimize added value to stakeholders
Short Term Objective
To be Top 3 in Indonesian cosmetics and spa industry
Medium Term Objective
To be one of Asia Pacific players in cosmetics and spa industry