Berdiri di atas empat pilar yang salah satunya adalah Empowering Women, Martha Tilaar Group (MTG) begitu serius dalam mendorong pemberdayaan perempuan di Indonesia. Salah satu upaya yang baru saja dilakukan adalah bermitra dengan perusahaan Indonesia lain yaitu Asia Pulp & Paper (APP) Sinarmas. Di bawah naungan Indonesia Global Compact Network, kolaborasi ini terfokus pada pemberdayaan perempuan untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) pada 2030.
Seperti diketahui, Dr.(H.C.) Martha Tilaar yang baru saja mendapatkan pengakuan dari UN Global Compact sebagai salah satu dari sepuluh orang SDG Pioneers 2018 memiliki perhatian khusus pada pemberdayaan perempuan di Indonesia. Selain telah mengenalkan kekayaan alam dan herbal Indonesia ke pasar internasional lewat produk-produknya dan melestarikan tanaman TOKA lewat KaDO (Kampoeng Djamoe Organik), melalui Martha Tilaar Group, Dr. Martha juga selalu berupaya memberdayakan perempuan sehingga lebih berdaya dalam kehidupan sosial dan finansial. Begitu pula dengan APP, melalui program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang telah diimplementasikan selama 2 tahun terakhir, APP Sinarmas telah mengedukasi masyarakat di sekitar hutan dan berkontribusi pada kelestarian hutan.
Kedua perusahaan pun sepakat untuk bekerja sama dalam melatih dan memberdayakan perempuan yang tinggal di sekitar tepi hutan agar dapat membantu melestarikan tanaman dan menjadi wiraswasta mandiri. Melalui kemitraan ini, para ibu dan kaum perempuan akan dilatih mengidentifikasi dan memproses tanaman lokal yang bernilai. Hal ini diharapkan dapat menciptakan kewirausahaan di masyarakat sebagai mata pencaharian alternatif yang berkelanjutan bagi para ibu, kaum perempuan, dan keluarga mereka. Kemitraan ini ditargetkan dapat menjangkau dan melatih 1.000 perempuan hingga tahun 2020 yang meliputi Kelompok Wanita Tani (KWT) di 5 wilayah provinisi Sumatra, Jawa, dan Kalimantan.
Local Wisdom Go Global
To be one of the world’s leading companies in cosmetics and spa industry with natural nuances and eastern values through product innovation and modern technology to optimize added value to stakeholders
Short Term Objective
To be Top 3 in Indonesian cosmetics and spa industry
Medium Term Objective
To be one of Asia Pacific players in cosmetics and spa industry