Perjalanan Dr. (H.C) Martha Tilaar dalam membangun perusahaan kosmetik diawali dari kecintaannya pada kekayaan alam dan budaya Indonesia. Sejak awal merintis usaha ini, beliau telah melakukan berbagai riset untuk dikembangkan bagi kemajuan dunia kecantikan. Tak ingin upayanya dalam menggali potensi kekayaan Nusantara tergerus zaman begitu saja, beliau pun kembali mengabadikan buah pikirannya menjadi sebuah buku, yaitu Kecantikan Perempuan Timur.
Buku Kecantikan Perempuan Indonesia yang merupakan catatan pengalaman Dr. Martha selama kurang lebih setengah abad berkecimpung di dunia perawatan diri dan kecantikan ini sebenarnya telah diterbitkan pada tahun 1999, namun kini diterbitkan kembali dengan beberapa penyempurnaan pada isinya. Peluncuran buku yang diadakan di Museum Nasional Indonesia, bersamaan dengan acara Jalur Rempah yang diselenggarakan oleh Kompas pada Jumat lalu (10/11) ini juga diisi dengan bedah buku dengan Era Soekamto sebagai moderator serta Wulan Tilaar, Dorothea Rosa Herliany dan Happy Salma sebagai narasumber.
“Martha Tilaar tidak hanya menengok ke masa silam dalam upaya
menggali kekayaan khazanah alam di Nusantara yang berhubungan dengan
kecantikan itu, melainkan ia juga melihat ke masa depan, baik kemajuan
teknologi di abad 21 maupun perkembangan keadaan masyarakat Indonesia
yang semakin modern. Berbagai jenis kemajuan sains dimanfaatkan untuk
semakin memperkaya produk Martha Tilaar dalam mendayagunakan limpahan
kekayaan alam Nusantara,” ujar Dorothea Rosa, penulis yang juga menjadi
editor pada buku ini. Diungkapkan juga olehnya, bahwa Konsep “Rupasampat
Wahyabyantara” pada edisi revisi ini tidak hanya berhenti pada soal
outter & inner beauty saja namun juga dalam hubungan dengan
keragaman kultur di Nusantara.
Dr. Martha berharap buku Kecantikan Perempuan Timur dapat menjadi
referensi buku yang akan memperkaya khazanah wawasan masyarakat
Indonesia, khususnya kaum perempuan, tentang makna kecantikan sejati
perempuan Indonesia sesuai konsep kecantikan Rupasampat Wahyabyantara,
yaitu perpaduan harmonis antara dua unsur yaitu kecantikan lahirian dan
batiniah. Beliau juga berharap buku ini dapat menjadi bagian dalam
kampanye Beautifying Indonedia dan agar perempuan Indonesia dapat
terinspirasi oleh kearifan lokal yang beliau kembangkan selama ini. Buku
Kecantikan Perempuan Timur dapat diperoleh di toko-toko buku, Martha
Tilaar Shop, dan www.marthatilaarshop.com
Local Wisdom Go Global
To be one of the world’s leading companies in cosmetics and spa industry with natural nuances and eastern values through product innovation and modern technology to optimize added value to stakeholders
Short Term Objective
To be Top 3 in Indonesian cosmetics and spa industry
Medium Term Objective
To be one of Asia Pacific players in cosmetics and spa industry