Semakin hari, masyarakat Indonesia semakin menyadari pentingnya label halal pada produk-produk konsumsi, mulai dari makanan, minuman, hingga produk kecantikan dan kosmetik. Menyadari pentingnya hal tersebut bagi masyarakat, khususnya bagi mereka yang memeluk agama Islam, Martha Tilaar Group pun mengambil langkah signifikan yaitu, mengurus sertifikasi halal bagi setiap produk kosmetik dan skin care-nya ke LPPOM MUI sejak tahun 2011. Lalu bagaimana proses yang ditempuh oleh Martha Tilaar Group?
Diakui oleh Atik Wijayanti selaku Product Development Manager R&D sekaligus Ketua Auditor Halal Internal PT Martina Berto Tbk, di tahun 2009, sebelum memulai proses sertifikasi halal, Martha Tilaar Group telah membangun sistem terlebih dahulu. “Kami mengumpulkan data-data, mulai dari bahan-bahan yang digunakan, lalu memastikan kembali bahwa bahan-bahan yang digunakan di dalam produk sudah memenuhi kriteria kehalalan yang ditetapkan oleh LPPOM MUI. Setelah melalui proses tersebut, kami melakukan audit internal dan dilanjutkan dengan proses audit dari LPPOM MUI,” jelasnya. Di tahun 2012, akhirnya Martha Tilaar Group mendapatkan sertifikasi halal untuk produk dan Sistem Jaminan Halal dengan status A untuk pertama kalinya. “Tahap pertama, sertifikasi halal dilakukan pada produk Sariayu dan Caring Colours, yang kini menjadi Caring by Biokos. Tahap berikutnya dilakukan pada produk Mirabella Cosmetics, Cempaka dan PAC, kemudian berlanjut ke produk-produk Martha Tilaar Group lainnya,” lanjut Atik.
Di kesempatan yang sama, Nining Suryaningsih selaku Product Manager dan Halal Respresentative PT Martina Berto Tbk juga menjelaskan lebih lanjut tentang latar belakang sertifikasi halal pada semua produk Martha Tilaar Group. Menurutnya, sertifikasi halal merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab perusahaan untuk menghasilkan produk yang bermutu, aman, dan nyaman di gunakan, khususnya oleh konsumen muslim. “Managemen perusahaan sangat menjunjung tinggi persyaratan tersebut hingga akhirnya di tahun 2009, kami memutuskan untuk mulai menyertifikasi produk-produk yang ada, termasuk Sariayu secara keseluruhan. Kami meyakini dengan adanya sertifikasi halal dari LPPOM MUI konsumen akan lebih nyaman dan yakin untuk menggunakan produk-produk dari Martha Tilaar. Sertifikasi tersebut menandakan bahwa proses produksi produk Martha Tilaar sudah terjamin dan sesuai dengan persyaratan serta kriteria produk halal,” ujar Nining.
Sumber : http://www.marthatilaargroup.com/id/berita/berita-terkini/577-sertifikasi-halal,-bentuk-komitmen-martha-tilaar-group-pada-konsumen-indonesia.html
Local Wisdom Go Global
To be one of the world’s leading companies in cosmetics and spa industry with natural nuances and eastern values through product innovation and modern technology to optimize added value to stakeholders
Short Term Objective
To be Top 3 in Indonesian cosmetics and spa industry
Medium Term Objective
To be one of Asia Pacific players in cosmetics and spa industry