Demi keberlangsungan bisnis, menurunkan tahta pada generasi kedua adalah langkah yang biasa dilakukan oleh sebuah perusahaan keluarga. Meski demikian, pergeseran kepemimpinan bukanlah hal yang mudah bagi generasi kedua. Terispirasi dari fakta ini, maka pada 27 Juni 2016 lalu, Martha Tilaar Group kembali meluncurkan buku terbaru yaitu The 2nd G Challenges. Buku ini mengupas tantangan bagaimana pemimpin generasi kedua perusahaan keluarga mencapat kesuksesan yang berkesinambungan.
Buku yang ditulis oleh empat orang yang kompeten di bidangnya, yaitu Bryan Tilaar, Samuel Pranata, Yuswohadi, dan Dyah Hasto Palupi, menghadirkan kisah nyata yang inspiratif dari 14 pemimpin perusahaan keluarga di Indonesia. Keempatbelas pemimpin perusahaan keluarga yang terangkum dalam buku The 2nd G Challenges ini adalah Irawati Setiady (Kalbe), Arianto Rachmat (Triputro Group), Maya Watono (Dwi Sapta Group), Shinta Kamdani (Sintesa Group), Michael Wanandi (Combiphar), Annette Anhar (Tugu Hotles & Restaurans Group), Junius Rahardjo (Javaplant), Teresa Wibowo (Kawan Lama Group), Dimas Buntoro (MAK), Svida Alisjahbana (Femina Group), Noni Purnomo (Blue Bird Group), Ivan Kamadjaja (Pan Brothers) dan Wulan Tilaar (Martha Tilaar Group)
Diungkapkan oleh Bryan Tilaar dalam acara bedah buku yang diadakan di Exodus Lounge, Jakarta, tantangan yang dihadapi oleh generasi kedua bukanlah masalah yang perlu terlalu dikhawatirkan kerena semua dapat disiasati dengan bagaimanan pengusaha mengelola usaha itu. “Yang harus disadari oleh generasi kedua adalah perilaku, sikap, dan kompetensi mereka,” ujar Bryan Tilaar.
Menambahkan Bryan Tilaar, Samuel Pranata mengungkapkan bahwa ketertarikan dan semangat menjadi hal penting dimiliki oleh generasi kedua dalam menjalankan usahanya. “Kami berharap buku ini dapat menginspirasi generasi muda yang sedang merintis atau mengelola usaha keluarganya,” ujar Samuel Pranata.
Local Wisdom Go Global
To be one of the world’s leading companies in cosmetics and spa industry with natural nuances and eastern values through product innovation and modern technology to optimize added value to stakeholders
Short Term Objective
To be Top 3 in Indonesian cosmetics and spa industry
Medium Term Objective
To be one of Asia Pacific players in cosmetics and spa industry