Kamis, 2 Juni 2016 lalu, PT Martina Berto Tbk. menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2015. Dalam rapat tahunan ini, Direksi Perseroan melaporkan kinerja PT Martina Berto Tbk. pada kuartal pertama 2016, perseroan membukukan angka sebesar Rp18 miliar dengan kontribusi terbesar pada produk dekoratif sebesar Rp7 Miliar dan produk perawatan tubuh dan wajah yang mencatat angka Rp53 miliar, produk perawatan rambut sebesar Rp33 miliar, produk wewangian, lulur dan sabun mandi membukukan angka sebesar Rp7 miliar, begitu juga dengan TOL Manufacturing, serta produk lainnya yang memberikan kontribusi sebesar Rp11,6 miliar atau meningkat 19,7%.
Usai menggelar RUPS tahun buku 2015 yang dihadiri oleh para pemegang saham, PT Martina Berto Tbk. juga menggelar Public Expose (PE) RUPS yang dihadiri oleh media ekonomi Indonesia.Dalam public expose PT Martina Berto Tbk. tidak hanya membahas kinerja selama satu tahun, namun juga mengungkapkan optimismenya menghadapi pasar lokal maupun international.
“Daya beli masyarakat di tahun 2015-2016 tetap akan mengalami kelesuan sehingga mempengaruhi penjualan kami, namun pada awareness dan interest, kami masih optimis kami masih mengalami laba positif,” ujar Bryan Tilaar selaku Presiden Direktur PT Martina Berto Tbk.
Tidak hanya itu, Bryan Tilaar juga mengungkapkan Asia Pasifik dan Timur Tengah diharapkan juga dapat menjadi sasaran pasar di masa mendatang untuk ekspor bisnis. Untuk pasar Timur Tengah terutama, strategi produk halal menjadi pemicu optimisme, meskipun produk halal PT Martina Berto Tbk. tidak diletakkan dalam positioning sebagai produk khusus muslimah. “Tidak hanya fokus pada halal, namun juga pada strategi komunikasi. Kami tidak spesifik menyasar pasar muslimah, namun lebih general, kecuali untuk Sariayu Hijab Hair Care,” lanjut Bryan Tilaar.
Rencana ekspansi tersebut juga didukung oleh penambahan kapasitas produksi. Seperti yang diungkapkan oleh Kunto Widarto, Direktur PT Martina Berto Tbk., “Tahun ini kami merencanakan penambahan kapasitas dalam pembuatan shampoo, penambahan mesin juga akan dilakukan untuk produk toiletries seperti sabun, shampo, gel foam, dan sebagainya. Penambahan tersebut akan berkontribusi dalam mendorong ekspor target pemasaran.”
Local Wisdom Go Global
To be one of the world’s leading companies in cosmetics and spa industry with natural nuances and eastern values through product innovation and modern technology to optimize added value to stakeholders
Short Term Objective
To be Top 3 in Indonesian cosmetics and spa industry
Medium Term Objective
To be one of Asia Pacific players in cosmetics and spa industry